ANALISIS RELEVA…

ANALISIS RELEVANSI

 

  1. Standar Kompetensi

–     Membiasakan perilaku terpuji

Standar Kompetensi

Kompetensi

Taraf

Berpikir

Klasifikasi Materi

Kekomplekan

Pengetahuan

Ktr

Skill

T

S

R

F

K

Pro

Pri

1.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

Dari tabel analisis standar kompetensi ini, tampak bahwa standar kompetensi ini mempunyai taraf berpikir “penerapan”  (afektif) atau  A5  dan  masuk ke taraf  berpikir “ tinggi”.  Dengan tingkat kekomplekan yang  sedang.

 

  1. Kompetensi Dasar
  1. Membiasakan  perilaku  jujur
  2. Membiasakan perilaku tanggung jawab
  3. Membiasakan perilaku hidup bersih
  4. Membiasakan perilaku disiplin

Kompetensi Dasar

Kompetensi

Taraf

Berpikir

Klasifikasi Materi

Kekomplekan

Pengetahuan

Ktr

Skill

T

S

R

F

K

Pro

Pri

1.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

2.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

3.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

4.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

Dari tabel analisis kompetensi dasar ini, dapat diketahui bahwa kompetensi dasar “1, 2, 3, 4” mempunyai taraf berpikir A5 termasuk dalam ranah afektif,  dengan tingkat kekomplekan yang “sedang”. Dan dapat disimpulkan antara SK dan KD sudah sesuai karena sama-sama pada ranah afektif dan termasuk dalam klasifikasi materi Skill.

 

 

  1. Indikator Pembelajaran
  1. Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
  2. Membiasakan perilaku jujur
  3. Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
  4. Membiasakan perilaku hidup bersih
  5. Menunjukkan contoh perilaku disiplin  dan keuntungannya
  6. Membiasakan perilaku disiplin

Indikator Pembelajaran

Kompetensi

Taraf

Berpikir

Klasifikasi Materi

Kekomplekan

Pengetahuan

Ktr

Skill

T

S

R

F

K

Pro

Pri

1.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

2.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

3.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

4.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

5.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

6.

A5

 

 

 

 

 

V

 

V

 

 

Dari tabel diatas dapat diketahui, bahwa dari ke 6 indikato pembelajaran   mempunyai derajat kompetensi yang sama yakni dengan taraf berpikir A5 (characterization). Begitu juga dengan klasifikasi materi semuanya sama yaitu skill begitu juga dengan tingkat kekomplekkan semua kompetensi dasar dalam tingkat yang sama yaitu “ sedang “. Dengan demikian antara SK, KD dan indikator pembelajaran sangat relevan karena bergerak di aspek afektif dengan klasifikasi materi Skill.Image

Categories: Kualifikasi News | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.