ANALISIS RELEVANSI
- Standar Kompetensi
– Membiasakan perilaku terpuji
Standar Kompetensi |
Kompetensi Taraf Berpikir |
Klasifikasi Materi |
Kekomplekan |
|||||||
Pengetahuan |
Ktr |
Skill |
T |
S |
R |
|||||
F |
K |
Pro |
Pri |
|||||||
1. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
Dari tabel analisis standar kompetensi ini, tampak bahwa standar kompetensi ini mempunyai taraf berpikir “penerapan” (afektif) atau A5 dan masuk ke taraf berpikir “ tinggi”. Dengan tingkat kekomplekan yang sedang.
- Kompetensi Dasar
- Membiasakan perilaku jujur
- Membiasakan perilaku tanggung jawab
- Membiasakan perilaku hidup bersih
- Membiasakan perilaku disiplin
Kompetensi Dasar |
Kompetensi Taraf Berpikir |
Klasifikasi Materi |
Kekomplekan |
|||||||
Pengetahuan |
Ktr |
Skill |
T |
S |
R |
|||||
F |
K |
Pro |
Pri |
|||||||
1. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
2. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
3. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
4. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
Dari tabel analisis kompetensi dasar ini, dapat diketahui bahwa kompetensi dasar “1, 2, 3, 4” mempunyai taraf berpikir A5 termasuk dalam ranah afektif, dengan tingkat kekomplekan yang “sedang”. Dan dapat disimpulkan antara SK dan KD sudah sesuai karena sama-sama pada ranah afektif dan termasuk dalam klasifikasi materi Skill.
- Indikator Pembelajaran
- Menunjukkan contoh perilaku jujur dan keuntungannya
- Membiasakan perilaku jujur
- Menunjukkan contoh perilaku tanggung jawab dan keuntungannya
- Membiasakan perilaku hidup bersih
- Menunjukkan contoh perilaku disiplin dan keuntungannya
- Membiasakan perilaku disiplin
Indikator Pembelajaran |
Kompetensi Taraf Berpikir |
Klasifikasi Materi |
Kekomplekan |
|||||||
Pengetahuan |
Ktr |
Skill |
T |
S |
R |
|||||
F |
K |
Pro |
Pri |
|||||||
1. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
2. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
3. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
4. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
5. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
6. |
A5 |
|
|
|
|
|
V |
|
V |
|
Dari tabel diatas dapat diketahui, bahwa dari ke 6 indikato pembelajaran mempunyai derajat kompetensi yang sama yakni dengan taraf berpikir A5 (characterization). Begitu juga dengan klasifikasi materi semuanya sama yaitu skill begitu juga dengan tingkat kekomplekkan semua kompetensi dasar dalam tingkat yang sama yaitu “ sedang “. Dengan demikian antara SK, KD dan indikator pembelajaran sangat relevan karena bergerak di aspek afektif dengan klasifikasi materi Skill.